Daftar Nama Pembangkit Listrik di Indonesia Yang Paling baru

Tahukah Anda, listrik yang Anda pakai untuk kehidupan setiap hari seperti sekarang dibuat dari satu pembangkit listrik. Di Indonesia sendiri banyak pembangkit listrik yang menyebar di semua daerah Indonesia. Nama pembangkit listrik di Indonesia benar-benar berbagai macam sesuai letak serta tipe pembangkit listrik yang dipakai. Indonesia sendiri memakai 4 tipe pembangkit listrik, yakni pembangkit listrik tenaga air, tenaga uap, tenaga gas, serta tenaga diesel.

Nah, dalam bahasan kesempatan ini akan diberi daftar nama pembangkit listrik di Indonesia berdasar tipe sumber tenaga yang dipakai. Di bawah ini daftarnya:

Pembangkit Listrik Tenaga Air

Pembangkit Listrik Tenaga Air atau dipersingkat PLTA adalah pembangkit listrik yang memakai sumber daya dari saluran air untuk jalankan turbin generator. Di Indonesia sendiri telah ada seputar 24 PLTA yang menyebar di semua daerah Indonesia. Pendayagunaan air jadi sumber daya listrik ini benar-benar efisien, lebih untuk pulau Kalimantan serta Sulawesi. Ini karena di pulau ini ada beberapa saluran sungai yang benar-benar deras. Sekarang PLTA paling besar di Indonesia berada di Purwakarta dengan nama PLTA Cirata.

Pembangkit Listrik Tenaga Gas

PLTG atau pembangkit listrik tenaga gas adalah pembangkit listrik yang baru ditingkatkan oleh pemerintah Indonesia. Untuk sekarang PLTG ini cuma berada di juga Jawa saja serta menyebar di dua propinsi yakni Jawa Barat serta Jawa Tengah. PLTG di Jawa Barat berada di wilayah Jalur Canang, sedang PLTG di Jawa Tengah berada di Pegunungan Dieng. Ada satu lagi PLTG yang berada di Indonesia, yakni PLTG Kamojang yang berada di Jawa Barat.

Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU adalah pembangkit listrik yang memakai sumber tenaga dari uap yang dibuat proses dari pembakaran. Untuk PLTU yang berada di Indonesia sendiri masih memakai bahan bakar batu bara untuk pembakarannya. Ada seputar 5 PLTU yang berada di Indonesia, ke lima PLTU ini menyebar di wilayah Jawa serta Sumatera. Sedang PLTU paling besar di Indonesia ialah PLTU Suralaya yang berada di pulau Jawa. PLTU ini termasuk juga PLTU paling besar di daerah ASEAN.

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel

Pembangkit listrik yang paling akhir dipakai di Indonesia ialah PLTD atau Pembangkit Listrik Tenaga Diesel. PLTD ini memakai sumber tenaga diesel yang dialirkan pada generator turbin hingga dapat membuahkan tenaga listrik yang lumayan besar. Nama PLTD di Indonesia ialah PLTD Balikpapan yang berada di Kalimantan Timur. Untuk sekarang PLTD cuma ada 1 di Indonesia.

Sebetulnya masih ada nama pembangkit listrik di Indonesia yang masih ditingkatkan yakni Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir atau PLTN. Pembangunan PLTN di Indonesia memang masih juga dalam step rencana, tetapi PLTN ini memetik pro serta kontra hingga pembangunannya masih sebatas rencana saja. Sebetulnya pembangkit listrik yang berada di Indonesia ini belum juga mencukupi, ada banyak wilayah pelosok yang belum dapat nikmati listrik.

09.31 - tanpa komentar